E-Commerce





ANALISIS E-COMMERCE 

 

Banyak sekali jenis e-commerce saat ini. Berdasarkan tugas softkill, kami diminta untuk menganalisis website e-commerce, kami memilih website toko buku online yaitu http://www.gramedia.com Banyak sekali alasan mengapa kami memilih website tersebut, diantaranya:
  
*Adanya system transaksi yang jelas dan mudah, sehingga dapat dianalisa.
*Banyaknya jenis buku yang tersedia di dalam website tersebut

Gramedia.com

merupakan salah satu web e-commerce yang bergerak di bidang pembelian buku-buku secara online. Pembelian buku-buku tersebut dapat dilakukan dengan melakukan transaksi melalui bank-bank yang terdaftar pada web tersebut.Proses pembelian dan transaksi dalam web tersebut cukup mudah, karena diberikan penjelasan tahapan demi tahapan.Sehingga para pembeli tidak kebingungan untuk membeli barang tersebut.

Tampilan website http://www.gramedia.com
Analisa lainnya:
Pendaftaran anggota
Cara belanja dan pembayaran
Biaya dan proses pengiriman

ANALISA LINK

Analisa ini bertujuan untuk menguji apakah link tersebut aktif atau tidak, menguji performa dari link tersebut. berikut ini adalah hasil pengujian link  http://www.gramedia.com
 
* menggunakan website pulse





ANALISA PEMBELIAN


Bagaimana Cara Berbelanja Di Gramedia.com?*

 

1. Catatkan kehadiran Anda, atau daftarkan diri Anda (sign-up) begitu tiba di Gramedia.com.
2. Pilih/cari buku yang Anda inginkan. Apabila stok kosong, silakan catatkan diri Anda. Kami akan menghubungi Anda apabila stok tersedia.
3. Setelah pemilihan selesai, ketuk tombol KIRIM.
4. Masukkan alamat kirim apabila berbeda dengan alamat pengiriman terdahulu. Ongkos kirim muncul otomatis setelah membaca alamat kirim Anda.
5. Anda akan menerima surat-e (email) konfirmasi terima pesanan.
6. Silakan transfer ke nomer rekening yang ada di sana, dan pastikan tanpa pembulatan. Setelah uang kami terima, Anda akan menerima surat-e konfirmasi bahwa pesanan mulai diproses.

7. Ketika barang ke luar dari gudang, kami akan mengirim lagi surat-e konfirmasi kepada Anda. Selanjutnya Anda bisa melacak posisi pesanan dari nomer resi yang disertakan dalam surat-e itu


 Tampilan Shopping Chart http://www.gramedia.com






Sebelum kita ingin membeli barang yaitu buku di gramedia.com, kita diminta untuk mendaftarkan diri sebagai anggota dari web tersebut. Setelah terdaftar menjadi anggota, kita dapat membeli buku di web tersebut dengan cara login menggunakan ussername yang telah kita daftarkan. Pengisian data diri harus tepat dan benar, agar proses pengiriman buku tidak mengalami kendala dan tepat waktu. 
Berikut ini cara menjadi member dari toko buku online gramedia.com

Tampilan Register atau Pendaftaran Anggota http://www.gramedia.com



Biaya dan Proses Pengiriman

 

Apa saja bentuk pembayaran yang disediakan oleh Gramedia.com?
Ada satu metode pembayaran, yakni transfer.
 Bentuk pembayaran ini merupakan transfer antar-bank. Mulai 2010 memiliki tiga rekening transfer.

1. BCA (Bank Central Asia)
atas nama PT Gramedia Digital
No.Rek. 012.302.6354
Jalan Gajah Mada No.112
Jakarta Pusat

2. BNI
atas nama PT Gramedia Digital
No. Rek. 269.868.540
Jl.Lada No.1
Jakarta Pusat

Transfer ke rekening ini bisa dilakukan melalui ATM-Bersama.
3. Paypal
akun: payment @ gramedia.com


Pemesanan

 

 

Waktu tempuh pesanan ke alamat pengiriman berbeda-beda. Secara umum, seluruh layanan Gramedia.com memerlukan waktu pengiriman tercepat sehari (24 jam) setelah konfirmasi pembayaran, bukan pemesanan. 

Untuk pemilih kurir DAP (Dwi Anugerah Perkasa) atau Gramedia Direct, baik COD atau transfer, penerimaan barang paling lambat 1 x 24 jam (hari kerja) setelah ke luar dari gudang Gramedia.com.

Untuk pemilih kurir TIKI, lama perjalanan tergantung pada tujuan kirim. Untuk tujuan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, pengiriman memerlukan waktu dua hari (di luar hari Minggu).

Gramedia.com juga menyediakan fasilitas layanan ambil sendiri di keranjang-belanja. Lokasi pengambilan adalah Gerai Pajang (Showroom) Gramedia Direct di Gedung Kompas-Gramedia di Jl. Palmerah Barat, Jakarta.Pemesan bisa mengambil barang setelah menerima surat-e konfirmasi barang ke luar gudang pada hari Senin - Sabtu antara jam 10:00 - 18:00 WIB. Anda bisa membayar pesanan ketika menerima barang dari gerai Gramedia Direct.






Categories:

Leave a Reply